Cerita Rasa Festival

CERITA RASA adalah rintisan festival di pedesaan untuk merayakan cerita, cita rasa, dan mempromosikan kepedulian lingkungan, budaya, dan kemanusiaan. Cerita rasa akan menjadi ruang untuk saling mendengar, merasakan, berbagi dan mendokumentasikan cerita, rasa dan peristiwa.

Pelaksanaan Cerita Rasa pertama tahun 2022 merupakan pengambangan ide dari rencana kegiatan pemutaran film pendek yang diproduksi Sanggar Bali Tersenyum. Film tersebut berjudul @ItsDekRaaa, yang mengambil lokasi shooting di Desa Tukadaya pada bulan November 2021.

Berhubung pembuatan film @ItsDekRaaa memiliki tujuan literasi dan pendidikan, maka pengembangan kegiatan pemutarannya diarahkan pada kegiatan literasi seni, kuliner, kerajinan dan teknologi. Dengan demikian, Cerita Rasa akan menyelenggarakan pemutaran film, pementasan cerita, pembelajaran seni dan kerajinan untuk anak-anak, serta pelatihan dasar fotografi dan pengenalan profesi fotografer dan usaha fotografi untuk remaja dan umum.

Untuk pelatihan fotografi akan bekerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) MAKATA Desa Tukadaya, serta mengundang narasumber dari komunitas dan pelaku usaha fotografi di Jembrana.

JADWAL CERITA RASA


Kegiatan dilakukan selama satu hari pada hari Sabtu, 30 Juli 2022, dengan rangkaian acara sebagai berikut:

12:00 – 17:00 KULINER
Presentasi pembuatan minyak kelapa dan lontong serapah khas Jembrana.


15:00 – 17:00 PELATIHAN
Sesi pelatihan fotografi untuk remaja dan umum.


15:00 – 17:00 RAREANGON
Sesi menggambar untuk anak anak.
Sesi kerajinan untuk anak anak.


17:00 – 18:00 INTERAKSI
Praktek pemotretan dan Talk Show (ramah tamah).


18:00 – 20:00 BALIH-BALIHAN
Pentas Cerita.
Pemutaran Film.


Pemutaran Film @ItsDekRaaa

Synopsis:
Dekra, perempuan berusia 13 tahun yang ingin terkenal melalui media sosial Tiktok, khawatir group Tiktoknya akan bubar. Dia harus bersedia berkompromi agar tidak kehilangan impiannya.

Film @ItsDekRaaa saat ini sedang berkeliling masuk berbagai festival film di berbagai Negara. Festival yang telah memilih dan akan memutar film ini diantaranya; APORIA Village Festival di Korea, MiCe Festival di Spanyol, 15 Minute Festival di West Virginia-USA, Cinemaking Festival di Banglades, Folklore Festival di Trinidad and Tobago, dan semoga banyak lagi yang tertarik memutar hingga dua tahun mendatang.